a Trip: mt. Bromo

Hooray! Gunung Bromo! Sebenernya rencana untuk pergi ke bromo ini udah lama banget. Ya kira-kira 3 / 4 bulan yang lalulah.

Jadi antara bulan Agustus akhir atau September awal gitu (saya lupa), saya pergi ke Gunung Bromo bareng Budhe, sepupu-sepupu, sama kakak saya. Rencananya mau ke Bromo ama mau ke Ranu Pani juga. Tapi ga jadi ke Ranu Pani. Ya sudah. Habis siap-siap jam 11 malem dari rumah kita berangkat masih pake mobil biasa. Pokoknya bawa minum sama pake baju dan jaket yang tebel, syal, sarung tangan, kaus kaki dan beanie hat biar tetep anget.

Jam 2 sampailah kita di meeting point (warung pinggir jalan) di Bromo buat tuker naik jeep lagi ke atas (tempat liat sunrise). Langitnya baguuuus bangeeeet. Bintangnya terang bertaburan. Rasanya kayak deket banget sama bintang dan pengen pegang. Hahaha. Tapi udaranya dingin banget nget nget. Jangan lupa ya pasang masker aja kalo ke Bromo.

Capcus deh ke tempat liat sunrisenya pake jeep. Jam 02.30. Di sana udah banyak orang. Dan mereka pada tidur sempit sempitan biar tetep hangat. Pokoknya semua orang jadi kayak ayam. Saya dan keluarga nyari spot buat bisa liat sunrise nanti. Terus sempit-sempitan dan agak menggigil kayak ayam....

Lama banget nunggunya sambil ngeliatin bintang sambil setengahnya tidur juga. Jam 4 lewat. Semua orang serentak berdiri. Pada pegang kamera. Nunggu mataharinya muncul perlahan-lahan. Subhanallah sunrisenya bagus bangeeeet. and at last i see the light. and its warm and real and bright. Betul-betul gak sia-sia. Pemandangannya bagus banget. Subhanallah.

Bagus banget
(pada pegang kamera semua)

(menuju penanjakan)

Abis dari situ kita ke penanjakan mau liat kawah gunung Bromo. Jarak berapa aja baunya kawah kecium. Bau belerang. Kayak kentut. Beneran. Kita turun di tempat jeep jeep parkir. Ternyata deket situ ada Pura/pure (tempat ibadah orang Hindu). Dari tempat itu kita jalan. Banyak juga orang-orang yang naik kuda. Jalan ke sana tempatnya emang berpasir dan karena banyak hentakan kuda jadi berdebu. Rada berat juga.

Tapi setelah mendaki menanjak dan memanjat sampailah kita di tangga menuju kawah. Dan itu antri... Waktu di tengah tengah naik tangga. Ada bule bawa bayinya digendong di punggungnya. Dan mereka gak naik tangga. Si bule ini milih untuk mendaki sendiri. (daripada antri mungkin)

Tadaaa kita udah sampai di kawah bromo. Bagus banget pemandangan dari sini juga. Abis foto-foto plus liat liat kita turun langsung.




pasir berbisik // jeeps
(bukit  teletubies)

Perjalanan di Gunung Bromo sudah selesai. Sebenernya belum karena saya dan keluarga ke Situbondo ke pantai pasir putihnya. Naik perahu terus liat sunset. Hahaha. Alhamdulillah. Nikmat banget. Puas banget.

See you!

1 comment:

Please leave your comment. I love you x